image
Partnership
2023-11-10
Tinc Impact Report 2023: Hadirkan Informasi Penting soal Tren dan Insight

Pertumbuhan startup di Indonesia memang tidak bisa kita lihat sebelah mata. Terbukti, dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan jumlah startup yang pesat dan peningkatan jumlah investasi yang signifikan. Bahkan pada 2021 lalu, Indonesia tercatat sebagai negara dengan ekosistem startup terbesar di Asia Tenggara. 

 

Hal ini tentunya merupakan buah dari kolaborasi berbagai pihak, mulai dari pegiat startup dan ekonomi digital sampai ke pemerintah. Bahkan saat ini, pemerintah melalui Rencana Ekonomi Digital & Making Indonesia 4.0 yang menyasar startup dan UMKM masih terus berupaya meningkatkan penggunaan perangkat seluler dalam transaksi keuangan demi mendukung transformasi digital. Harapannya, Indonesia akan kian mampu bersaing di industri global. 

 

Tentu saja, harapan ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Apalagi, hingga saat ini jumlah startup Indonesia sudah mencapai sekitar 4.000 dengan valuasi $10 miliar. Prediksinya pun, angka ini masih punya potensi untuk terus meningkat sampai sekitar $52 miliar pada 2025. 

 

Sneak peek data di atas jelas menjadi bukti bahwa ekosistem startup dan digital Indonesia telah menjadi sesuatu yang mendominasi dan berhasil menumbuhkan perekonomian negeri ini. Lalu, selain bisa kita lihat sebagai pencapaian, ini juga bisa kita lihat sebagai peluang untuk para pelaku bisnis dan pegiat startup serta ekonomi digital untuk terus menciptakan dampak positif.

 

Adapun menariknya, angka-angka tadi sebetulnya hanyalah satu dari sekian banyak insight dan informasi penting yang bisa Tinc-ers temukan dalam Tinc Impact Report 2023. 

 

Tinc Impact Report 2023 sendiri merupakan dokumen whitepaper resmi yang dirilis oleh Tinc, sebagai wujud nyata komitmen Tinc yang adalah bagian dari Telkomsel untuk terus mendorong inovasi serta memberdayakan startup yang memiliki potensi untuk berkembang.

 

Melalui proses riset dan survei yang melibatkan studi literatur dan 50 startup founders, Tinc Impact Report 2023 berisi sejumlah informasi terkait tren ekosistem startup dan digital Indonesia, perilaku pengguna digital, insight dari para pelaku teknologi dan inovasi, serta analisis mengenai dampak inkubator dan akselerator di Indonesia.

 

Perilisan Tinc Impact Report 2023 pada dasarnya bertujuan membantu para pegiat ekosistem startup dan digital Indonesia agar dapat mengoptimalkan peluang momentum perkembangan lanskap digital saat ini, mendapatkan manfaat terbesar, serta menciptakan dampak yang maksimal. Selain itu, lewat Tinc Impact Report 2023 ini, Tinc juga ingin mengajak para startup untuk menyadari pentingnya manfaat dari program-program inkubator dan akselerator–seperti Tinc–demi bisa bertumbuh dan berdampak secara signifikan bagi Indonesia.

 

Membaca Tinc Impact Report 2023 ini tentu bisa jadi salah satu upaya minimal yang bisa kita lakukan demi menghadirkan pertumbuhan dan ekosistem startup yang berkelanjutan, sehingga dapat berkontribusi bagi kemajuan ekonomi digital Indonesia. 

 

Tinc-ers bisa mengunjungi http://tsel.id/TincReport23 untuk mengakses dokumen lengkap Tinc Impact Report 2023.*